Monstera tanaman yang bikin Happy

97e1978216d8716a39de5dd28020b620

monstera deliciosa tanaman yang lagi nge hitz (pict from Pinterest)

Berkenalan dengan monstera sebenernya belum lama. Belum ada setahun lah. Itu pun gak sengaja karena hobby banget ngeliat akun IG ibu-ibu yang punya rumah-rumah kece. Ada beberapa dari mereka yang punya monstera juga di rumahnya. Banyakan sih si monstera ini dijadikan dijadikan sebagai indoor plant.

Berhubung banyak banget berseliweran di IG tentang tanaman monstera, jadinya ikut-ikutan deh, kepengen punya juga. Sampai dibikin tagar #monteramonday segala loh. Kelar gak idup lo! Cek sana sini, susah ternyata nyari tanaman monstera ini. Naluri kepengen punya tambah besar karena tanamannya susah banget di dapet. Cari di sepanjang penjual tanaman di dekat rumah gak ada yang tau dan gak ada yang punya juga. Makin penasaran dong. Ketemu lah sama beberapa penjual monstera, tapi harganya juga cukup mahal (menurut saya ya). Belum tentu juga nanti tumbuh sehat kalau saya jadi beli. Urung deh beli si monstera. Dalam hati sih sedih karena gak bisa punya monstera di rumah. Sementara mata sih masih asyik menikmati cerita ibu-ibu yang heboh dengan monstera nya. Yang berdaun belah lah, yang gak bisa berbelah lah, yang jadi kuning lah, macam-macam deh ceritanya.

Sampai suatu hari, akhirnya saya bisa punya monstera juga. Senangnya bukan main. Cerita singkat bisa sampai punya monstera ya. Jadi waktu itu, sewaktu masih ngantor di perusahaan sebelumnya nih. Pas pulang kerja, pas kebetulan bareng sama pak Suami. Naik motor kan tuh. Nah jalanan yang biasa dilewatin itu macet nya bener-bener parah. Sampai akhirnya pak suami pun ambil jalur yang menurut dia lebih lancar. Dilalah, ketemu lah sama monstera yang tumbuh subur merambat di beberapa pohon di depan sebuah rumah besar. Catat ya, rumah besar banget (kawasan Menteng, JakPus), yang mana kalau minta ijin buat minta si monstera pun agak susah. Udah gitu hari udah lumayan gelap pula. Gak langsung petik sih, tapi diamatin dulu sampai benar-benar yakin kalau itu dia si monstera yang sedang di cari. Besokannya baru deh ngajak pak suami lewat jalan itu lagi. Sengaja bener kalau kali ini deh. Sambil bilang maaf dan ijin dalam hati sendiri, tanpa rasa bersalah saya ambil deh setangkai gitu. Rasanya sih biasa aja, kalau semisal pun penghuni rumah keluar atau mau masuk, saya pasti bilang deh. Pasti! Β Toh itu semacam tanaman liar yang tumbuh merambat di pepohonan, bukan yang sengaja ditanam dan dirawat. Pak Suami cuma geleng-geleng aja dan keheranan ngeliat istrinya yang kegirangan sepanjang jalan.

Sampai di rumah, langsung langsung sediain pot dan media tanam, di tanam deh. Sengaja di letakkin di belakang rumah yang sinar matahari nya sedikit. Seminggu kemudia koq, daunnya menguning. Hayati sedih sekali rasanya. Daunnya koq bisa menguning gitu. Padahal disiram pun jarang, karena sepanjang yang saya baca dan tengok beberapa IG yang punya monstera juga kalau si monstera ini memang kurang suka air, ya jadinya dikurangin deh asupan airnya. Sampai akhirnya daun kuning tadi benar-benar mati.

20160930_065255

Monstera punya rumah baru

20161023_083019

Walaupun kuning tetap cantik yaa…

IMG20170715060429

Monstera ku kini, bertunas dan berdaun belah πŸ˜€

Singkat cerita, saya dapat pencerahan dari IG lagi, setelah tanya-tanya kenapa monstera nya koq bisa tumbuh sehat? Si mbak empunya akun pun menjawab ramah ternyata kuncinya di taro di bawah sinar matahari. Karena sinar matahari sangat baik untuk tanaman. Waaah, bener-bener dapat pencerahan deh nih saya. Setelah dipikir-pikir lagi, monstera nya kan saya dapat dari luar ruangan ya which is kaya banget sama sinar matahari. Kenapa gak kepikiran dari dulu aja sih, hahaha… Setelah dapat petuah, langsung saya pindahkan monstera ke teras depan dan voilaa sampai hari ini dia masih sehat, bahkan sudah beberapa kali bertunas. Yang bikin tambah happy daunnya pun membelah. Puji Tuhan. Senangnya bukan kepalang deh.

Sangking si monstera ini memang benar bikin happy, suatu ketika sedang seru-seruan di Breeze BSD, ada satu sport yang banyak banget monsteranya. Mengingatkan saya akan monstera yang tumbuh subur di depan rumah besar itu. Hehehe. Bisa foto diantara monstera itu aja udah super happy. Eh tapi gak mungkin ya minta tolong sama pak suami buat mintain monstera-nya kan. Sempat kepikiran kayak gitu sih tapi diri ini benar-benar gak tega.

Berikut adalah monstera yang saya kumpulin dari Pinterest. Bagus-bagus yah? Berharap saya bisa punya monstera sesubur itu juga nantinya. Amin.

7b6f0284cb2e6f92467371ec9fadfa04

cantik ya

ede749d8469b92b0cc7ea29084e2fe9a

subur banget

IMG_20170718_105027

ngebayangin saya duduk disitu sambil baca novel

Semoga monstera saya sehat-sehat terus ya. Bertunas dan bertumbuh lah monstera kesayangan!

Ada yang suka dengan monstera juga ?

Cheers,

-El-

 

Advertisements

10 comments

  1. Baru tau namanya Monstera… Mungkin karena daunnya besar makanya diberi nama monster-a yah haha. Entah kenapa kak, saya juga seringnya ngeliat tanaman ini di rumah-rumah gedongan. Cocok banget nyaplok di pekarangan (y)

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s