Royal Safari Bogor : The Real Family Hotel

*cerita sebulan yang lalu*

Ini adalah kali pertama untuk kami untuk mengajak Alom menginap di luar rumah (baca = hotel). Dengan segala pertimbangan, ini itu, akhirnya diputuskanlah untuk staycation perdana ini kami menginap di Royal Safari Bogor (RSB). Awalnya mau ajak keluarga sekalian, tapi berhubung berhalangan, jadinya yang ikut cuman adek perempuan saya aja. Sayang banget kan. Padahal seru banget loh disana.

Urusan booking hotel kami serahkan ke adek saya. Cus ceki ceki ke berbagai website per-booking-an akhirnya dapatlah satu website dimana menawarkan harga termurah se-antero web itu. Yeaaay, akhirnya yuk cus berangkat!!

Sangking semangatnya liburan, kami berangkat dari rumah masih pagi. Jam 7 pagi, padahal kan wakty check in hotel sendiri baru bisa siang hari. Ya mengingat lokasi Puncak yang macet banget pas weekend, jadi daripada bete ria sepanjang kemacetan, lebih baik kita jalan lebih pagian, toh. Begitulah rencana awalnya. Tapi ternyata, berkah bulan Ramadhan mungkin ya, jalanan benar-benar lancar. Cuss plong bener lah pokoknya. Gak ketemu macet sama sekali di daerah Puncak, gak ada sistem one way, bahkan di pintu keluar tol Ciawi (yang terkenal sangat macet pas weekend) pun lancar jaya.

Begitu sampai di hotel, kami sedikit agak ‘tercengang’, karena ternyata ada pengerjaan proyek bangunan new front office. Sedikit mengganggu pemandangan juga sih (ya namanya juga sedang under contruction, bukan begitu bukan?). Ada sebuah ‘transformer’ (haha, entah apa namanya, ya semacam alat berat gitu lah), yang sedang beroperasi. Jadi mau gak mau, mobil kami menunggu si ‘transformer’ itu lewat dulu  supaya kami juga bisa lewat. Gede bok dan menghalangi jalan soalnya. Tapi tetap gak mengurangi penilaian saya loh terhadap RSB ini. Langsung deh registrasi ke bagian receptionist hotel dan kami baru bisa check ini jam 12 siang.

Sambil menungggu waktu check in, kami diberitahu kalau ada animal show di area belakang (kampung pandu), jadi kami langsung meluncur ke area kampung pandu. Si anak kecil sih masih aja pulas tidur, secara kan kita berangkat pagi, jadi dia juga bangun lebih pagi dari biasanya. Sambil menuju ke area kampung pandu, mau gak mau kita berkeliling lokasi hotel dong. Lokasi nya cukup besar dan luas. Yang jelas sepanjang pengamatan saya tempatnya asri banget, karena masih banyak pepohonan. Sejuk banget deh kalau dipakai jalan pagi besok, kata saya dalam hati. Sampai di area kampung pandu, kita sempat nyari dimana nih lokasi animal show nya. Ternyata di sebelah taman burung yang gak jauh dari area kampung pandu tadi. Sempat papasan sama gajah juga yang lagi jalan-jalan loh. Ok, akhirnya sampai di area animal show. Ini benar-benar animal show. Lokasinya benar-benar dirancang sebagai tempat pertunjukan dengan formasi tempat duduk bersusun ke atas. Tentu saja si Alom senang nya bukan main. Kebetulan hari itu ada beberapa burung pintar dan seekor anjing yang pentas. Kurang lebih 30 menit lah pertunjukannya. Walaupun cuma 30 menit-an tapi kami senang loh, Alom apalagi, senang banget dia. Selesai pertunjukan kita ke area taman burung (persis di sebelahnya). Sebelum masuk kita beli jagung dulu buat dikasih ke burung-burung di dalam. 5000 perak saja sebungkusnya. Sampai di dalam taman burung, kaget luar biasa, karena burung-burung langsung datang menyambut. Haha. Kaget dong ya tapi memang begitu ternyata. Kita boleh memberi makan si burung-burung tadi dengan jagung yang kita bawa. Mereka akan senang sekali asal jangan dipegang ya karena mereka akan marah, begitu pesan si mbak-mbak penjaga taman burung. Ok deh mbak. Ah seru banget lah, padahal ini belum check in loh, hahaha, keseruan sudah dimulai.

Sudah mendekati jam 12 bertepatan dengan jam makan siang juga kan dan kita sudah puas mengeksplor taman burung, akhirnya berangkat lagi ke front office untuk check in.

Kami menginap di unit Giraffe. Kamar Giraffe 01 yang terletak gak jauh dari front office. View nya sih menghadap ke area parkir, eh tapi gapapa koq, tetap asyik aja yakan? Kamarnya cukup luas dan bersih. Ternyata lebih bagus dari ekspektasi loh. Kamar mandi dan toiletnya juga bersih. Ada water heater dan hair dryer juga. Disediain kulkas dan juga teko pemanas air, jadi gampang kan kalau kita mau nyetok soft drink, ada kulkasnya. Mau seduh minuman hangat juga ada pemanas air nya. Oiya kita kan ada 3 orang dewasa, tapi gak sewa kasur tambahan loh, hihihi. Jangan ditiru yaa.. Demi menghemat budget sih tujuannya. tapi tetap bisa tidur nyenyak koq. gak terlalu untel-untelan juga. Oiya ada sofa juga di kamar. Tv kabel juga tersedia. Wiiw, ini yang namanya liburan deh. Ya begitulah sekilas tentang kamar Giraffe kami. By the way lagi, tadi saya sempat masak bekal dulu di rumah buat makan siang. Hahaha, bener-bener ya budgeting banget ini sih judulnya. Yang ringkes aja sih, ayam goreng, mie goreng dan tumis kangkung. Kan sekalian buat makan siang nya Alom juga. Berhubung ya, kawasan puncak itu sepi banget kalau bulan puasa, restaurant atau warung makan sekalipun tidak boleh buka sebelum jam 4 sore. Even resto siap saji sekalipun itu tutup pemirsah. Jadi antisipasi nya ya makan siang bawa dari rumah. Gimana ide nya ? Hahaha..

Selesai makan siang, niatnya mau bujuk si Alom supaya istirahat dulu, tetap aja anaknya gak bisa diam, gak berhasil deh acara tidur siangnya. Akhirnya kita ajakin berenang aja. Dekat dari Giraffe, jalan ke depan sedikit (next to front office), ada splash waterpark. Mini waterpark dan ada kolam air hangat juga. Free buat penghuni hotel. Seru kan, nambah lagi deh keseruannya. Tapi apa mau dikata, Alom gak mau berenang, katanya nanti bajunya basah. Maaaakk, apa pula ini. “Kak, kalau berenang kan pakai baju renang dan bajunya pasti basah karena kena air.” Udah dibujuk begitu tetep aja kekeuh gak mau berenang, hahaha… Salah mamak juga sih ini, gak pernah ngajak anaknya berenang sebelumnya, jadi gini deh. Yowis akhirnya kita bilas aja lah toh anaknya juga malah lebih senang duduk di pinggir kolam ngeliatin anak-anak yang lebih besar asyik berenang. Oaaallaa kakak!!

Hari pun semakin sore. Sesuai kesepakatan nih, kita mau sekalian makan malam (yang ternyata masih sore), di cimory river side. Berhubung belum jam nya berbuka puasa, kita cuss menuju tkp. Ternyata zonk yah, jalanan padat merayap. Cimory juga full. Padat banget. Salah perhitungan deh judulnya ini. Kita yang orang dewasa grasak grusuk anak kecil sih aman. Tidur pulas di bangku belakang. Gapapa deh, yang penting gak ada drama di antara kita ya kak, hehehe.

Si papa nya Alom punya ide, ngajak kita ke area puncak pass. Hahh, nyang boneng aja lu pah, ngapain juga kesono?. Tapi demi kepuasan semua berangkatlah kita menuju area puncak pass. Macet pemirsah. Motor-motor keluar semua dari kandang. Ya bener juga sih karena mungkin banyak yang mau bukberan sama temannya kan dan juga ini malam minggu. Sampe di puncak pass pun gak ngapa-ngapain, langsung cuss turun, mau nikmatin pemandangan dari ketinggian juga gagal maning. Pas banget kabut turun soalnya. Ya daripada penasaran kan si papa nya Alom, gitu aja deh ambil positifnya aja, haha. Lebih zonk nya lagi kita gak bisa mampir ke salah satu resto buat makan karena parkiran penuh. Hufffthhh, pas jam buka puasa soalnya. Salah perhitungan yang kedua. Akhirnya balik maning ke hotel dan anak kecil masih pulas tidur. Masih aman kalau gini deh. Hahaha.

Enaknya tuh RSB ini dekat dengan jalan raya dan pasar. Ada indoma*et juga dekat situ. Jadi gak susah dong kalau mau keluar cari makan. Persis di seberang RSB ada warung sate Pak H.Kadir. Cuss lah merapat kesana, pesan sate dibungkus buat makan malam di kamar aja, haha. Sebelahnya warung sate ada gerobak bubur ayam. Saya pesan bungkus juga seporsi bubur ayam. Kali aja kakak Alom mau bubur ya. Gak repot deh kalau mau cari makan disini. Agak malaman dikit, iseng keluar hotel, cari martabak di depan hotel RSB. Hahaha, banyak gerobak martabak disana. Urusan perut gak perlu khawatir lah ya. Kalau mau beli pop mie atau kopi sachet tinggal mampir ke IndoM*ret  juga, ya buat jaga-jaga aja. Tinggal jalan kaki sedikit keluar dari hotel. Gampang kan?

Sebenarnya malam itu ada pertunjukan sirkus di Arumba resto (masih di kawasan hotel RSB), tapi kami udah ketinggalan nontonnya, ya itu tadi karena Alom masih juga bobo. Koq ya pules amat yaak, hahaha.

Ok deh, keesokan harinya bangun pagi. Siap-siap mengeksplor hotel RSB. Kemarin juga sewaktu nonton animal show, pengunjung dikasih tau kalau ada free voucher akan dibagikan kalau meng-upload foto selama berada di RSB ke Instagram. Hahaha, kalau ini sih mamak sukaak. Sekalian upload dapet vouceher, ibarat sekali mendayung 2 sampai 3 pulau terlampaui. Terkumpul lah voucher itu kemarin. Saya dapat 10 voucher permainan. Lumayan banget dong. Bumper car, animal riding (kuda poni, gajah, dan unta), mini train, farmer car. Lumayan banget kan. Kalau yang lainnya sih bayar. Naik delman bayar 10 ribu rupiah saja, keliling hotel. Naik perahu air juga bayar, bisa sambil kasih makan ikan-ikan yang ada di air juga loh. Banyak ikannya. Beli pelet ikan hanya 3000 rupiah aja per bungkus. Semua tadi kami eksplore setelah kelar sarapan di Arumba resto.

Arumba resto ini tempatnya besar banget. Untuk menu sarapan juga terbilang cukup lengkap. Mau yang sekedar sarapan roti beserta selai atau olesan mentega dan meisis nya juga ada. Fyi aja nih, selai nya enak banget loh, haha. Mau makan bubur kacang ijo ada. Bubur ayam ada. Nasi liwet, nasi goreng, mie goreng juga ada. Rasanya juga lumayan koq. Lumayan enak lah kalo menurut saya, pas rasanya di lidah. Sebenarnya masih banyak yang bisa di eksplore disini. rasanya menginap semalam aja gak cukup loh, haha. Ada mini golf. Ada area outbound juga, animal feeding (rusa, kelinci, tapi sayang kami gak keburu), area pemancingan ikan. Ada museum reptille juga di belakang. Isinya ya reptil-reptil. Saya sih gak ke dalam, papa nya Alom aja yang ke dalam. Kita sibuk wefie aja dari luar. Ada juga area paintball. banyak deh pokoknya. Gak usah kemana-mana lagi. Nikmati fasilitas yang disediakan pihak hotel udah lebih dari cukup. Oiya kita sebenarnya dapat potongan harga tiket Taman Safari, tapi kayaknya gak perlu ke Taman Safari lagi deh karena jujur aja, di hotel ini juga berasa lagi ada di Taman Safari versi mini. Seru banget lah pokoknya.

Buat saya pribadi tentu merasa puas banget menginap disini. Petugas hotel mulai dari garda terdepan sampai ke belakang juga ramah semuanya. Tempatnya bersih. Ya itu tadi, rasanya menginap semalam aja gak cukup loh. Hohoho. Oiya, Alom juga dapat free souvenir, boneka Tiger dan Gireffe kecil dari RSB, karena mama dan tante nya meriew RSB di tripadvisor. Kalau soal gratisan sih gak boleh ketinggalan yak.

Kalau ditanya mau gak menginap disana lagi? Gak usah ditanya deh, jawabannya pasti mau bangeettttt… By the way saya sempat membaca, untuk pemegang CC Bank CIMB Niaga, bisa dapat potongan sebesar 30% loh, lumayan banget kan tuh. Promo s.d 2018 (cmiiw).

IMG20170610121457

ada anak kecil yang kegirangan

IMG20170610105520

si burung nuri sedang asyik makan

IMG20170610102013

animal show

IMG20170610143609

Splash Waterpark

IMG20170610143603

Splash Waterpark

IMG-20170614-WA0022

black swan nya gak kefoto malahan

IMG20170611090627

Segarnya menghirup udara pagi

fe36dfbc-c844-4bd0-a3cf-391840d519d5

Salah satu bangunan di area Kampung Pandu

438123ec-952e-40f9-84f6-a6ae35d6cb47

Banyak kolam disini

583491c6-e71a-4dff-a375-5f1ec04110f0

Harga tiket, lumayan kan kalau dapat free voucher

d88ee58b-a515-4abd-a706-ca5df7f86eef

Animal Show

db20030d-fea1-42ff-86f9-1aba57724405

Taman Burung

f947c77c-80ba-47ae-9f88-b2c4a2742937

Ada yang pernah seru-seruan di Royal Safari Bogor juga?

Kalau belum pernah kesana, yuk ajak keluarga seru-seruan disana, dijamin gak akan nyesel deh…  ^____^

 

Cheers,

-EL-

 

Advertisements

10 comments

  1. Belum pernah kesana.. Tapi looks fun.. Itu ngasi makan burung Nurinya lucu banget yaaa.. Busyet yah fastfood pun tak buka, ckckck..
    Di NZ, banyak black swan di danau2 gitu.. aku sempat lihat yang ada anaknya juga, tapi warna anaknya putih lho bukan hitam haha

    Liked by 1 person

  2. Seruuuuu el. Udah sering baca2 royal safari ini emang bagus hotelnya ya cocok bgt buat family staycation gini. Boleh deh kapan2 bawa kiddos kesana😁

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s