Day 11 : What’s one thing that you would never change about yourself ?

 

Jadi nih, postingan kali ini, terinspirasi dari postingannya Dila, yang gak akan pernah saya ubah dalam hidup adalah being a good listener person. Yess, I am a good listener too loh, Dil. Cuma bedanya saya gak ambil jurusan psikologi. Hahaha.

Dari jaman masih teenager, (anggap aja pas jaman SD belum kenal dunia curhat ya) teman-teman selalu cerita masalahnya ke saya. Ini beneran loh, Ya lagi naksir orang lah, pas dia lagi patah hati, bahkan ada juga yang cerita gimana kehidupannya di rumah, diperlakukan seperti apa di rumahnya. Sampai saya setua ini pun (tua banget kesannya), masih banyak juga yang suka curhat soal kehidupannya. Masalah sama suami, keluarga, anak-anak, kerjaan, hubungan sama mertua, macem-macem lah.

Selain jadi pendengar, kadang mereka juga butuh saran. Ya palingan saya kasih masukan sedikit aja, gak usah terlalu mendalam ya, karena biar gimana pun juga, itu kan masalah pribadi, jadi cukup hanya sekedar masukan. Kadang juga saya cukup hanya sebagai pendengar aja. Cukup dengerin doang. Biasanya kalau uneg-uneg udah keluar berasa pasti hati lega, plong.

Selain itu saya juga pintar jaga rahasia. Hahha, bukan promosi yak. Promosi buat apaan juga? Hihihi..  Jadi setiap curhatan dari teman-teman tadi pasti terjamin rahasianya. Jadi walaupun gini-gini, saya pegang rahasia beberapa orang. Ada yang cukup mencengangkan bahkan. Gak boleh ditiru deh pokoknya. Ngeri.

Dengan menjadi pendengar yang baik, saya juga bisa tau karakter seseorang dari cara dia bercerita. Saya juga bisa lebih luas pandangannya karena ternyata banyak hal yang dialami dan terjadi di luar sana. Saya mendengarkan juga terkadang membawa saya ke situasi dan kondisi yang sedang dialami. Menyelami dan memahami mereka yang bercerita ke saya.  Gak  pernah bosan mendengarkan mereka bercerita. Padahal ada juga yang udah pernah di ceritain, eh diceritain lagi. Pernah juga cerita sampe larut malam. Ada loh, ini salah satu sahabat  kecil saya. Kadang juga ada yang lupa kalo saya ini pendengar cerita nya sewaktu dia lagi susah, sekarang kalau papasan nyapa juga seadanya aja.

Yess, begitulah. Everybody’s changing kalau kata Keane.

 

Cheers,

 

EL

5 comments

  1. El, gak semua orang punya skill untuk jd good listener… kuddos to you. Aku ngalami sendiri itu. Bahkan aku udah ada draft, menulis opiniku tentang “Jenis Jenis Pendengar” hahahaha krn ada kan yang memang pendengar yg baik, ada juga yg keleuss cuma bisa bilang “sabar yaa” kayak kaset rusak… ada juga yg kayaknya kita ngomong dia malah belokin ke omongan lain, atau malah ngomongin ceritanya, dsb ☺️

    Like

    • yuk di publish Mar, tulisannya.. ditunggu postingannya yaa.. Emang susah jadi pendengar yang baik, kadang juga mau ngasih tau kalo “itu tuh” gak boleh, tapi biarin aja dulu dipuasin ceritanya..

      Like


Leave a Reply

