Ketika Bosan Melanda

Postingan kali ini, bersumber dari pengalaman pribadi saya ya, tergantung situasi dan kondisi di kantor masing-masing tentunya. 

Ada yang gak pernah merasa bosan? Kadang kala ya, di tengah kesibukan kita bekerja, ada kalanya dirundung rasa bosan. Apalagi kalau jenis pekerjaannya yang cenderung monoton. Ya, kek saya ini, daily routine job banget deh judulnya. Ditambah hari Senin yang di deklarasikan sebagai hari termalas se-dunia. Iya kaahh? Dibilang bosan, sudah pasti, tapi mau gimana lagi, rejeki nya ya emang disini. Bersyukur aja kan karena masih dikasih kesempatan untuk bisa bekerja dan berkarya. Meeh, bingung juga berkarya dibidang apa ya kalo kerjaan kek saya, hahahaha.

Nah, berikut ada beberapa tips yang biasa saya lakukan kalau sudah mulai terasa bosan dengan kerjaan. Tentunya habis itu ya balik maning kerja lagi, kalo ngga kan bisa panjang urusannnya.

Internetan

Nah ini fasilitas kantor yang paling saya suka karena disaat senggang atau dilanda bosan, saya biasa intip internet sebentar. Kadang bisa lama juga bahkan. Haha. Pekerjaan saya memang sangat tergantung dengan internet, nah kalau server memang lagi lemot, jadinya kerjaan terhambat. Tapi kalau internetan sih tetap OK sepanjang hari, tanpa lemot dan tanpa batasan quota. Asal jangan sampai kebablasan aja dalam pemakaiannya, bisa kena banned juga dari server global. Nah seringnya saya download drama-drama Korea pakai internet kantor loh (jangan ditiru loh yah). Gak jarang juga, kalau bosan banget sedang melanda yutubing ke situs-situs yang seru. Lumayan banget bisa ngusir kebosanan kan. Hehe.

Coffee Break

Kalau ini sih memang disarankan ya. Kalau menurut saya sih ini penting banget karena biasanya dalam sehari kita perlu sedikit refreshing di sela-sela kerja dan diharapkan setelah itu performa kita bisa lebih maksimal lagi. Di kantor saya pun tersedia pantry yang bisa dibilang sangat memanjakan karyawan di sesi coffee break, kopi, gula, kreamer, dan juga coffee maker. Awalnya saya bukanlah penikmat kopi,  setiap minum kopi kadang suka debar-debar, pernah kejadian besokannya ijin gak masuk kantor karena perut mules kebanyakan ngopi. Tapi beberapa bulan belakangan ini saya sudah mulai pintar meracik kopi sendiri dan tentu saja enak menurut saya.

Jajan

Di basement gedung kantor saya ada minimarket yang jam bukanya sd jam 7 malam. Nah, kalau dirasa mau ngemil-ngemil cantik saat bosan melanda, bolehlah sekali-kali mampir ke minimarket di basement itu. Harganya sih kadang gak masuk akal bisa hampir 2x lipat dari minimarket di luaran. Heran ya, kenapa Indo dan Alfa aja yang bikin outlet di basement itu dan setelah diperhatiin, jam-jamnya ngemil cantik itu gak jauh-jauh dari jam 10 pagi dan jam 3 sore. Ya sekitar itulah dan kayaknya sepengamatan saya, di jam-jam itu juga hampir semua karyawan perutnya mulai minta diisi dengan cemilan.

Chit chat

Ini biasanya saya lakukan dengan teman se-cubicle. Ngobrolin kerjaan, gossip, film atau obrolan ringan aja, kebetulan kita sama-sama cewek dong, tapi ya jangan berlebihan juga, karena bisa mengganggu teman yang lain. Dan jangan juga sampe bablas seharian ngobrol, yang ada nanti ditegur sama pihak management kan. Ya kali ada yang seharian ngobrol aja gitu di kantornya.

Mandi

Kantor saya menyediakan fasilitas gym. Kebetulan ruang gym ada di lantai yang sama dengan ruangan dept. saya hanya beda wing saja. Nah, disela-sela bosan dibonusin ngantuk, emang paling enak melipir ke ruang gym, trus mandi. Dijamin setelah itu body sueger lagi deh. Kerja juga bisa lebih semangat.

Outing/Family Gathering

Atau apa pun namanya. Nah kalau ini sih udah urusan tim management yak. Sangat penting juga menurut saya. Refreshing seluruh karyawan, setelah berkecamuk dengan segala urusan perusahaan. Sangat disarankan. Management di kantor saya, sering ngadain acara buat refreshing karyawannya. Selain outing, ada juga SOJ (Sharing of Joy), dan di occasional tertentu ngadain acara seru-seruan buat ngelepas jenuh, seperti lomba tujuh belasan atau bikin acara semacam lomba per divisi (mirip-mirip idol gitu deh).  Lumayanlah melepas penat, sementara.

Nah, segitu dulu kayaknya tips nya. Lumayan kan bisa membunuh kebosanan di sela-sela kerjaan yang seabrek-abrek. Satu aja sih yang paling penting dan kudu dipegang teguh adalah : Kerjaan gak bakal ada habisnya, jadi sebisa mungkin enjoy aja dengan kerjaan yang ada. Intinya jangan sampai stress yah karena kerjaan karena hidup kita kan bukan cuma untuk kerja saja.

^cheers,^

Advertisements

11 comments


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s