Almost 18M

Selamat siang!

Saya mau bercerita sedikit tentang perkembangan si Alom yang hampir memasuki 18 bulan di pertengahan bulan ini. Sampai umurnya yang sekarang ini, masih belum banyak kosa katanya, tapi selama 2 bulan terakhir, perkembangan kosa katanya lumayan bertambah banyak.  Sebagai informasi juga, awalnya Alom gak bisa panggil “mama” dengan sempurna. Kata pertama yang diucapkannya adalah “papa”. Kalau dia panggil papanya itu benar-benar lantang dan jelas. Jelas pula kata “papa” itu untuk apa dan untuk siapa. Kalau saya tanya : “Alom anak siapa?” Jawabnya pasti bilang : “papa”. Mama kan jadi sedih kak, huhuhu…

Nah, sudah sebulan ini, dia lantang panggil mama. Mama. Bahagia banget kalau dia panggil  saya mama. Rasa capek dijalan saat pulang menuju rumah terbayar lunas dengar Alom panggil saya, mama. Mungkin kalau dibandingkan dengan anak seusianya, Alom termasuk terlambat panggil mama. Tapi itulah anak-anak. Saya pun gak mau banding-bandingin Alom dengan anak seusianya, karena beda anak beda pintar pastinya. Satu yang saya imani sampai saat ini adalah Tuhan yang sudah titipkan, pasti Tuhan pula yang akan pelihara Alom sepanjang hari.

Nah, karena Alom sudah pintar dan tau apa artinya mama, jadi dia paling senang panggil-panggil mamanya. Si ibu yang momong Alom di rumah juga kemarin cerita, katanya sewaktu mau ganti baju Alom yang basah, dia gak mau, trus nangis panggil mama. Hihihii, maksutnya mau ngadu kah kak? Jadinya, dikit-dikit panggil mama. Lucu deh.

Kalau giliran ditanya namanya siapa, jawabnya selalu beda-beda. Semisal, minggu lalu saya tanya sambil pegang bahunya : “ini namanya siapa yah?” Jawabnya : Dede. Dua hari kemudian, saya tanya pertanyaan yang sama, jawabnya : Yaya. Heee? Ada-ada aja. Besokannya saya ulang tanya lagi (saya memang paling senang nanya siapa namanya, hehe), jawabnya : Pakblus. Nah loh siapa pula itu Pakblus, haha. Tapi pernah loh, suatu pagi, dan itu cuma sekali, belum pernah berulang lagi, saya tanya : “ini namanya siapa yah?” Jawabnya : Ayom. Duh, langsung terharu dia bisa sebut namanya sendiri. Tapi ya itu, cuman sekali itu aja. Semoga, dalam waktu dekat dia bisa jawab dengan benar kalau ditanya namanya siapa. Amin.

Kata-kata yang sering banget diucapin ya masih babbling-babbling belum jelas. Walaupun ada beberapa kata yang kita paham maksutnya apa, seperti : dah (udah), ‘nak (enak), ‘nyang (kenyang), mam (makan), gadah (gajah), Tate (tante), tatet (kaget, biasanya dia sambil tepuk-tepuk dada), num (minum), dede (dede), ayan (jalan). Kalau mama dan papa sudah jelas banget dan dia pun paham artinya apa.  Paling lucu nih, kalau ditanya pertanyaaan yang jawabannya “iya”, dia pasti bilang “iyaaak”, intonasinya ditekan, pengucapannya sedikit panjang, suaranya besar.  Ini lucu banget.

Sekarang nih, kalau ditanya mana kepala, pipi, kuping, hidung, kaki, tangan, dan mulut, Alom sudah pintar  kasih tau dan pegang bagian apa yang ditanyakan.

Nah segitu dulu cerita tentang Alom. Semoga Alom sehat terus ya dan tambah pintar.

 

^cheers^

Advertisements

2 comments


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s