(Mari Masak) : Kue Sendok Kelapa

Seperti yang pernah diceritakan di postingan ini, saya paling suka sekali makan gorengan. Nah, kali ini, saya mau berbagi resep gorengan ala-ala yang sepengetahuan saya, belum ada dijual di tukang gorengan manapun. Bukan tahu, bukan tempe, bukan bakwan, pisang goreng, etc. Bahannya juga sesederhana gorengan pada umumnya.

Resep ini saya dapat dari almarhum mama saya, beliau menamakannya kue sendok kelapa. Simple, karena bahannya menggunakan kelapa. Biasanya, dulu, kalau ibu saya bikin gorengan ini, kami (saya dan kedua adik saya) semua pasti suka, dan gak pernah bersisa. Seringnya sewaktu kami masih kecil juga request ke mama supaya dibuatkan panganan khas ini. Hingga saya besar dan saya bisa membuatnya sendiri, gantian saya yang masakin mama. Duh, jadi kangen mama.

Well, langsung aja ya saya share resepnya disini.

Bahannya:

250 gram tepung terigu (saya pakai segitiga biru)

300ml santan dari setengah butir kelapa (santannya di ambil, ampasnya juga dimasukkan ke adonan sebagai penambah rasa kelapa)

1 butir telur

1 sdm makan mentega

2sdm gula pasir (sesuai selera, kalau mau manis bisa ditambahkan).

Garam secukupnya

Minyak goreng

Cara membuatnya:

Campur semua bahan, termasuk kelapa yang sudah diambil santannya. Aduk sampai semua tercampur merata. Koreksi rasanya.

Panaskan minyak goreng.

Lalu masukkan adonan sebanyak 1 sendok makan. Goreng hingga berwarna kecoklatan.

Hidangkan bersama teh hangat. 

Kemarin saya baru saja mempraktekkannya di rumah. Pak suami dan si ibu yang momong Alom pun suka. Hati mamak pun senang kalau begini.

 

^cheers^

One comment


Leave a Reply

