Hari Kartini, Baju Adat dan Banjir

Tanggal 21 April, Indonesia memperingati hari lahirnya Kartini, yang merupakan pahlawan nasional Indonesia yang membela hak kaum wanita di jamannya. Ya, kita lebih kenal dengan istilah emansipasi wanita. Kalau bicara soal emansipasi wanita, sudah banyak dibahas dimana-mana bukan? Kali ini saya gak mau bahas soal emansipasi wanita. Tapi apa yang terjadi di sekeliling saya tepat di tanggal 21 April saat ini.

Baru cek timeline di Path, ternyata kebanyakan ya booo, isinya soal banjir dimana-mana. Jakarta semalam memang diguyur hujan awet sampai tadi pagi. Deras. Semalam pun, sewaktu pulang kantor sudah hujan dan mulai terlihat tanda-tanda akan terjadi banjir. Terlihat di beberapa jalan yang saya lewati, mulai terjadi genangan air setinggi mata kaki orang dewasa. Dan pagi tadi, banyak teman saya di Path yang posting foto banjir di tempat mereka. Puji Tuhan, di tempat saya gak terkena banjir, hanya saja akses jalan di belakang rumah, air mulai naik ke jalan raya. Tapi tetap saja nyusahin ya, karena susah kalau mau kemana-mana. Akses jalan tertutup. Berikutย saya kasih lihat beberapa postingan mereka.

This slideshow requires JavaScript.

Repot memang kalau banjir sudah datang. Saya sendiri pernah merasakan kebanjiran walaupun bukan banjir yang terjadi di rumah. Melewati akses jalan yang terkena genangan air. Pernah juga kantor saya kebanjiran, karena air mulai naik sampai ke area parkir. Ada enaknya juga waktu itu karena aktifitas kantor hari itu diliburin, jadi kita semua pulang kembali ke rumah masing-masing. Senang banget ya? Iya, seperti anak sekolah kalau dipulangin lebih awal karena gurunya mau rapat. Nah seperti itu. Pernah juga sewaktu saya dirawat di salah satu RS swasta di Jakarta. Rumah Sakit pun kena imbas dari banjir, jadi air dari luar (jalanan) sampai masuk ke area rumah sakit, termasuk kamar tempat saya dirawat. Kalau ini sudah pasti ngerepotin. Sampai pak suami waktu itu ikutan sibuk serok-serokin air ke luar. Saya bisa membayangkan kalau rumah saya kena banjir juga. Peralatan dan perabotan di dalam rumah pasti gak aman. Bahkan sampai ada yang mengungsi. Ini kejadian juga dengan saudara saya, karena ketinggian banjir sampai ke atap rumah, waktu itu. Rumah juga jadi rusak kan? Belum lagi pasca banjir, bersih-bersih rumah itu sangat capek dan menguras tenaga. Syukur-syukur gak ada barang yang ikutan hanyut. Kadang juga ada binatang melata seperti ular dll. Ini yang ngeri nya kebangetan. Belum lagi penyakit kulit karena air banjir kan kotor. Ah semoga saja, banjir kali ini gak separah tahun-tahun sebelumnya. Semoga juga siang ini air sudah mulai surut lagi, matahari udah mulai terang soalnya.

Itu tentang banjir. Seperti di awal saya bahas sedikit kalau hari ini, Indonesia sedang memperingati hari lahirnya Ibu Kartini. Biasanya nih, banyak ibu-ibu yang rempong karena anak-anaknya yang sudah sekolah, TK atau SD, dapat instruksi dari guru untuk berpakaian adat di hari Kartini ini. Saya rasa, tempat penyewaan baju-baju daerah pun seperti kebanjiran order saat hari Kartini tiba. Begitu juga yang terjadi dengan orang terdekat saya di rumah. Mba Lik. Berhubung anaknya yang pertama sudah sekolah SD dan benar saja, hari ini setiap siswa diwajibkan memakai pakaian daerah. Rempong lah si mba Lik ini dari kemarin. Tanya-tanya saya di Whatsapp soal baju daerah ini bagaimana, adat dari sini bagaimana, kalau dari sini bagaimana? Saya kasih lihat gambarnya yang boleh nyomot dari google. Akhirnya mba Lik memutuskan untuk beli baju daerah dari Madura, bukan sewa, karena menurut si mba Lik, kalau sewa harganya 75rb, sedangkan beli 120rb. Mending beli kan Lalita? Begitu katanya. Benar juga. Berhubung hari ini saya juga ijin cuti, jadi tadi pagi saya sempatkan untuk melihat karnavalย anak SD yang memakai baju daerah. Kebetulan rumah saya sangat dekat dengan 3 SD dan juga kantor kelurahan. Seru sih melihat karnavalย begini, ingat jaman masih kecil dulu. Senang tau ikut karnaval pake baju adat trus pawai diliatin sama orang-orang. Kantor saya pun pernah beberapa tahun lalu mengadakan lomba foto berbaju daerah per departement. Saat itu departement saya gak menang sih, tapi seru juga loh foto-foto sambil pake baju adat begitu.

20160421_09521020160421_09510820160421_095123

Oiya, hari ini, kalau sempat perhatiin, icon Google juga didesain khusus memperingati hari lahirnya Ibu Kita Kartini loh.

Bagaimana dengan kalian hari ini? Semoga hari-harinya menyenangkan ya tanpa ada banjir-banjiran.

6 comments

  1. Selamat hari kartini yaa..
    Hari ini cuma bisa liat foto tmn2 yg kerja pada pake baju adat. Jadi inget waktu SD saya satu2nya yg pawai pake baju daerah Kalimantan, kebanyakan pake baju adat jawa, bali dan padang. ๐Ÿ˜€

    Like


Leave a Reply

