[Mari Masak]: Jamur Crispy

Gak jauh dari kantor saya, ada warung makan ala masakan Sunda, yang masakannya menurut saya tergolong lumayan enak dengan harga yang gak mahal, bisa dibilang sangat murah malahan. Gak besar tempatnya, cenderung kecil, kalau dikira-kira ya sekitar 1×3 meter saja. Menu ala prasmanan dan banyak sekali orang-orang kantor yang pergi makan siang kesana, termasuk saya dan beberapa teman.

Menu favorite saya? Banyak, salah satunya adalah jamur crispy.

Saya sering menemui gerobakan franchise yang memang spesialis penjual jamur crispy. Beberapa kali pernah beli, tapi rasanya ya biasa banget. Nah, di warung makan ini, jamur crispy nya tuh gurih dan empuk. Enak lah pokoknya.Awalnya gak tertarik dengan masakan jamur macam begini, lalu sampailah saya pada tahap penasaran. Googling sana-sini, sebenernya gak perlu googling sih, karena ternyata cara bikinnya sangat mudah (pengalaman sendiri).

Pada akhirnya, hari minggu kemarin, saat bocah kecil berhasil tidur pulas, saya langsung eksekusi si jamur yang sudah saya beli sehari sebelumnya di tukang sayur. Sempat ragu, karena penampilan jamur, sudah gak sesegar waktu saya beli kemarinnya. Tapi kepalang tanggung, akhirnya saya coba bikin. Ternyata aman, karena jamur masih layak makan, terbukti gak ada efek samping sampai saat ini.

Cara buatnya pun gampang banget.

Kira-kira begini :

  • Jamur tiram (yang warnanya putih), dipecah/disuwir. Sisihkan.
  • Siapkan tepung crispy (saya beli jadi, merk Sasa, karena di warung sayur adanya itu) 1 sachet, tambahkan 1 – 2 sdm tepung terigu dan merica. Aduk rata.
  • Bagi 2 campuran tepung tadi ke dalam 2 wadah. Satu wadah tepung, campur dengan air (jangan kekentalan). Masukkan si jamur yang sudah di suwir tadi ke dalam larutan tepung. Setelah itu baluri dengan tepung yang kering yang sudah dipisahkan di wadah yang ke 2.
  • Masak si jamur dengan minyak goreng yang sudah dipanaskan. Setelah warnanya cantik, kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
12934914_1712267552393414_1197816461_n

lumayan lah ya untuk ukuran pemula

Voila, jamur crispy ala-ala pun matang. Rasanya pas banget. Gurihnya juga pas. Sepiring habis buat si pak suami doang, sungguh teganya doi, saya gak kebagian. Tapi gapapa, selama masakan kita habis dan ternyata suami senang, itu semua sudah bikin saya puas, walaupun gak kebagian. Hahaha. Bukan begitu ibu-ibu? Semacam suatu kebanggaan bukan.

Jamur crispy ini bisa dimakan sebagai camilan atau pelengkap makan nasi.

Murah meriah dan kalau anak saya sudah gedean dikit, pasti dia bakalan suka. Pasti !!

*Mamak kelewat yakin ini*

 

Advertisements

9 comments

  1. Gara2 postingan ini, aku sampai niat buka puasa harus ada jamur crispy. Padahal males goreng2 soalnya maghribnya jam 21.45. Tapi memaksa daripada kepikiran haha. Thanks resepnya

    Like

    • yang ini aku gak cuci sih ya, tapi minggu lalu aku cuci dulu, tapi hasilnya memang lebih bagus gak dicuci kyknya… mungkin habis dicuci tiriskan sampe bener2 kering kali ya… πŸ™‚

      Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s