Pinjam Duit dong!

 

image

 

Pernah punya pengalaman pinjam duit dari teman? Saya pernah. Baru aja kejadian kemarin karena pas lagi mau beli makan siang di kantor loh koq ya baru sadar kalau dompet beserta isi nya ketinggalan di rumah. Alhasil jadinya pinjam deh ke teman buat beli makan sama ongkos pulang. Darurat cyyiinn. Saya rasa bisa dimaklumi kan ya? Semoga bisa dan tadi langsung saya ganti uangnya. Kalau pengalaman teman yang pinjam duit pernah? Pernah banget. Oke, kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya dipinjami duit sama teman.

 

Beberapa kali, saya pernah mengalami kejadian tadi. Ada beberapa teman saya yang pernah meminjam duit dari saya. Huffft, padahal saya gak pernah berlebihan loh dalam hal duit per duitan, koq minjamnya ke saya ya?
Pernah, beberapa tahun lalu, teman kantor saya pinjam sejumlah uang, katanya untuk jaga-jaga kalau ada keperluan dadakan persiapan pernikahannya. Kebetulan, saat itu dia mau menikah. Ya dengan tulus saya bantu pinjamin sejumlah uang yang jumlah 2x lipat gaji bulanan saya waktu itu. Tapi ya gitu, sewaktu dia mengembalikan duitnya tuh seret alias susah, gak segampang sewaktu dia pinjam duit. Janjinya akan dibayar cicil selama beberapa bulan setelah dia gajian. Sempat makan hati juga karena saya mesti mengingatkan dia untuk membayar utangnya. Setelah pinjaman uangnya selesai dibayar, beberapa tahun kemudian dia hubungin saya katanya butuh uang untuk bantu adiknya yang mau masuk kuliah. Trauma kejadian pertama jadi saya bilang saja “maaf ya belum bisa bantu.” Teman saya ini emang tingkat ke-kepo-annya gede banget, banyak tanya, “kenapa koq gak bisa bantu?” “Gaji lo kan lumayan, emang lo gak punya tabungan.” Eh sampe tabungan pun dibahas sama doi. Kasar-kasarnya kata: bukan urusan lo!!

Pernah juga kakak sepupu saya yang pinjam duit ke saya. Kalau katanya sih untuk keperluan anaknya yang mau masuk sekolah. Karena untuk saudara sendiri, saya kasih dong ya. Waktu itu dia pinjam sekitar 2jt tapi dengan pertimbangan akhirnya saya cuma kasih 1jt saja. Alhasil, sampai sekarang uang saya pun gak balik. Saya gak enak mau minta dan si kakak sepupu pun seolah-olah lupa. Dalam hati cuma bisa bilang : “untung gak jadi ngasih 2jt waktu itu” *sambil manyuuun*

Kejadian berikutnya adalah yang paling epic. Teman kantor saya ada yang hobby banget pinjam duit. Sampai dia pernah dapat kasus, dipanggil sama boss, karena banyak teman-teman lain yang mengeluh uangnya dipinjam tapi belum juga dibalikin. Nah ini nih yang repot. Sampai pak Boss waktu itu bikin list, siapa-siapa aja yang dihutangin dan kalau di total lumayan banyak loh. Punya track record jelek, gak merubah hobby nya itu. Sampai sekarang, dia masih suka pinjam uang sama saya. Gak banyak 100rb. Alasannya banyak, mau beli buku anaknya, beli susu anaknya, apa lah, apa lah. Begitu hutangnya dibayar, 2 minggu lagi pinjam duit lagi. Gitu gitu aja terus. Kadang saya kasih (karena gak enak keseringan nolak) kadang juga gak saya kasih. Minta nya booook, susah. Mesti diminta dulu. Baru-baru ini malah dia mau pinjam kartu kredit saya buat nyicil beli HP. Helllooww… ??

Masih banyak lagi cerita seputaran pinjam uang ini. Yang paling ngeselin ya kisah teman kantor saya tadi. Kalau dia sudah janji mau bayar tanggal sekian, mbok ya gak usah sampai nunggu diminta kan. Bagus kalau diminta langsung dikasih, lahh ini? Kadang-kadang suka bikin alasan lain: “maaf ya uangnya kepake buat yang lain.” Atau : “maaf ya, kalau minggu depan gimana?” Atau: “duh lupa mampir ke ATM, besok deh ya.” Eh besoknya doi gak masuk kantor. Lagi juga kan masih banyaak yang “lebih” dari saya, kenapa juga harus pinjam uang ke saya?
Masih gak habis pikir.

Advertisements

15 comments

  1. Kok ngga enak keseringan nolak kalo orang mau pinjam uang kamu? Itu kan uang kamu harusnya yang sering pinjam uang itu yang ngga enak sering minta tolong.

    Aku ngga kenal dia tapi berdasarkan cerita kamu macem-macem aja alasannya pinjam uang ya. Ck…ck…ck…

    Like

    • Iya betul mba.. harusnya dia yg gak enak yaa.. tapi kayaknya kalo dia emang udah bebel banget. Aku emang orangnya suka gak enakan, itu kelemahan aku. Alasannya ya macam2, kalo menurut pengamatan aku, gaya hidupnya ketinggian dan lucunya lagi dia gak pinjam ke teman2nya se genk nya di kantor, padahal mereka lumayan banyak.

      Like

  2. Pernah mbak minjemin duit, tp sering ga dibalikin juga pernah, atau dipinjem tp dibalikin ga 100%. Yg ngeselin, kalo yg pinjem duit itu gaya hidupnya di atas kita *kraayy*
    Kalo aku sih kejem ya. Istilah kasarnya, minjem buat apa dulu? Dibalikinnya kapan? Nah, kalo dia meleset atau ga ada itikad baik buat balikin, yaudin next kalo dia pinjem udah kublacklist :p

    Like

  3. Soal pinjem duit emang gak ada habisnya ya.
    Aku paling kesel dulu ada satu temen sering bgt pinjem duit ke aku emang dia gak bermasalah sama pengembaliannya sih. Trus pas aku butuh dan mau pinjam (cuman 2 doang karena nunggu deposito cair) ehh dia gak mau kasih. Sebel 😄

    Like

  4. Saya nggak bakalan ngasih orang yang mau pinjem uang. Soalnya agak sensitif dengan acara pinjem meminjam soalnya secara saya kan udah ngrencanain semuanya. Klo pas hari H uangnya gak dibalikin bakalan sulit ngatur keuangan. Ujung2nya uring-uringan sendiri.

    Like

  5. Wkwkwk..ini emang dilema, apalagi kalo galakan yg minjem drpd yg kash pinjem 😀
    Ato yg tdnya hubungan baik jd ga baik gr2 tiap liat muka kita dia menghindar, seolah kita ketemu cuma mau nagih utang. Hahaha

    Like

  6. Aku pernah dipinjemin duit el, pas ditagih malah dianya marah2 panjang banget. Kekiiii gak sih, padahal nagihnya udah lewat banget dari tempo dan gak didepan orang2 alias beduaan aja :'(. Saat yg ngutang lebih galak dr yang diutangin huuuu

    Liked by 1 person


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s