I am a gorengan holic

Semua pasti tau yang namanya gorengan kan ?
Kalau lihat di wikipedia (rajin banget ya sampai wikiped segala), gorengan atau goreng tepung adalah berbagai jenis makanan yang dicelup adonan tepung dan kemudian digoreng celup dalam minyak goreng panas yang banyak. Untuk selengkapnya bisa baca di sini.
Ternyata gorengan bukan cuman terkenal di Indonesia sajaah, tapi juga populer di belahan negara lain, tapi dengan versi nya sendiri tentunya.
Disini, saya mau bahas soal gorengan versi Indonesia sajaah.

Nah, saya itu termasuk seorang yang hobi banget makan gorengan. Mungkin istilah yang pas untuk saya adalah “gorengan holic” (itu pun istilah versi saya). Entah kenapa, gorengan itu berhasil mencuri hatiku. Sampai detik ini.
Terkadang juga, saat wiken kalau lagi ada waktu senggang, saya iseng bikin gorengan sebagai cemilan untuk orang rumah.
Banyak kontroversi seputaran gorengan. Khususnya gorengan yang dijual sama abang-abang yang dipinggir jalan. Ada yang bawa bakulan ada juga yang pakai gerobak.
Hampir setiap hari saya makan gorengan. Mesti ada warning sering makan gorengan bisa menyebabkan kolesterol tinggi, tapi anggap aja baru makan satu biji. Dududududu…

Di belakang kantor saya juga ada gerobakan yang jual gorengan. Macam-macam jenisnya, ya pisang, ubi, tempe, singkong, tape, tahu dan semuanya digoreng.
Nyaris setiap pagi, mampir dulu buat beli 2-3 gorengan. Si bapak tukang gorengan juga sepertinya udah ngenalin muka saya, ya gimana ngga, saya kan pelanggan setia.
Sampai pernah kejadian, suatu pagi, terjadi percakapan begini:

Saya : “Pak, beli gorengannya ya.” *sambil nunjukin gorengan yang saya mau.
Bapak tukang gorengan sambil ngelayanin saya : “tumben mba jam segini udah dateng, biasanya siangan.”
saya : “Whaaat pak?” (sambil liat jam, emang belum jam 8 pagi sih)
Dalam hati aja sih, tapi sadar diri nih si bapak perhatiin banget. Saya emang biasa sampe kantor di atas jam 8.15. Hehehe.. *fenomena miss telat*

Kesimpulan –> si Bapak tukang gorengan hafal (at least dia tau lah), saya sampe di kantor jam berapa. Lah gimana Boss saya ya Paaak…?? *tertunduk malu*

Di hari yang berbeda, seperti biasa saya, begitu sampai di kantor, saya beli gorengan di si Bapak langganan.
Nah siangnya, pas jam istirahat, mampir lagi ke gerobaknya, trus terjadi lagi percakapan ini:

Saya : “Pak, biasa beli gorengan yak”
Bapak tukang gorengan: “Beli gorengan mulu mbak, kan tadi pagi udah.”
Saya : “Laaaaaah Pak.”
(Dalem hati bilang, ini si Bapak gimana sih, gorengannya dibeli bukannya senang tapi malah…. ckckck)

Kesimpulannya, emmm.. apa dong kalo dari percakapan barusan ??

Ada lagi nih, ini TKP yang beda dari biasa.
Jadi, di tengah perjalanan menuju kantor, yang kalau pagi bisa makan waktu sekitaran 45menit sd 1 jam (itu paling cepat loooh), ada satu penjual nasi uduk yang juga jual gorengan buat topping di nasi uduknya. Jiaah elaah topping.
Sebut saja Warung Nasi Uduk Emak. Nasi uduknya sih biasa aja karena saya pernah coba makan di sana. Nah, si topping gorengannya itu yang mantap.
Jadi kejadiannya begini.
Saya itu penganut orang yang gak terbiasa sarapan. Tapi anehnya, kalau masuk kerja, perut itu nagih banget kudu musti diisi makanan pagi. Kalau lagi weekend atau hari libur sih itu si perut ga akan nge-band minta sarapan. Yang artinya aman-aman aja kalau saya gak sarapan.
Dalam perjalanan menuju kantor pun, rasa lapar itu gak bisa ditolerir. Jadi, yang sering saya lakukan, kalau darurat begini adalah beli gorengan (bakwan pake sambal kacang), di warung nasi uduknya si emak.
Si Mpok yang ngelayanin udah hafal banget kayaknya kalau saya itu cuma mau beli bakwannya doang. Kadang dia cemberut aja gitu. Hahaha..
*ya jangan salahin saya mpok kalau gak beli nasi uduknya, waktunya udah mepet banget soalnya, ntar telatnya lebih lama, kan gak enak saya sama Dek Boss*

Sampai suatu waktu nih :

TKP : Warung Nasi Uduk Emak
Tapi tumben si Mpok yang mukanya jutek dibantuin sama anaknya si emak, yang mukanya lebih ramah.

Anak emak : “Nasi uduk ya mba.”
Saya : “Eh ngga, saya mau beli bakwannya aja.” (winkk..winkkk)
Si Mpok : “Kaga beli nasi uduk dia mah, beli bakwan doang” (dengan default muka yang udah di setting begitu).
Saya : (Dalam hati, laahh napa Mpok, sewot ? Hahahaha)

Kesimpulan lagi, tuh si Mpok sampe ngerti saya cuman ngincer bakwannya doang. Hahahaha..

Balik ke Bapak langganan saya.
Bukan si Bapak aja loh yang sering perhatiin saya, tapi saya juga. *cieeeehh,, saling perhatian*

kejadiannya hari Selasa, seperti biasa, sebelum ke kantor saya mampir beli gorengan.
Eh tapi koq ada yang berubah. Benar kan, gerobaknya si Bapak ganti. Lebih jelek dari yang biasanya.

Saya : “Pak gorengan ya. Pak koq gerobaknya ganti kenapa ?”
Bapak tukang gorengan : ” Iya neng, kemaren gerobak saya diangkut sama trantib.”
Saya : “Lah koq bisa pak. Kapan kejadiannya ?”
Bapak tukang gorengan : “Iya, dikandangin mbak. Kejadiannya Rabu kemaren. Untung saya masih ada gerobak yang lama buat cadangan.”
Saya : ” Yaaaah pak..” *simpati*
Bapak tukang gorengan : “Ini juga besok rabu bahaya mba, kemaren udah diancam mau dikandangin lagi kalau masih jualan.”

Oaaallaaa pak… Sabar-sabar yaa.
Ngenes juga sih kadang-kadang ya liat pedagang kecil macam si Bapak tukang gorengan. Di satu sisi, mereka berjualan memang sebagai sumber penghasilan halal buat menafkahi keluarga,
tapi di sisi lain, ya peraturan dari Pemda juga memang udah begitu sih ya, demi tata kota yang lebih baik lagi.
Saran saya sih, sebaiknya si pemilik gedung tempat saya bekerja, menyiapkan tempat, semacam lokalisasi pedagang.
Pedagang itu kan berjualan di trotoar belakang kantor dan pastinya konsumennya juga kebanyakan dari penduduk di gedung ini dan gedung-gedung tetangganya.
Karena jujur, tanpa mereka, kita (saya maksutnya), kewalahan loh mencari makanan buat makan siang. Kantin gak tersedia. Bawa bekal dari rumah? UUgghh… saya mana sempat masak bekal secara punya baby dan gak ada asisten.

Back to topic, gorengan tetap jadi favorite. Dipakein sambal, cabe rawit, saos sambal, duuuhh.. coba dibayangin deh.
Kalau pisang goreng khas Menado tuh makannya dicocol sambal roa. Issh maak, enak banget deehh..
Ada yang gorengan holic seperti saya juga gak ya ? Atau saya doang yang keranjingan gorengan dan sejenak lupa sama yang namanya kolesterol jahat….

F2751FB9C7C6BEADDE209BB1A56BEBBE

Advertisements

3 comments


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s